Resep Masakan untuk Diet Karbo

1. Tumis Kangkung Tahu Tempe



Makanan yang enak dan sehat menjadi satu kesatuan yang ideal untuk konsumsi sehari-hari. Salah satu resep masakan yang cocok untuk diet karbo adalah tumis kangkung tahu tempe. Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah 1 ikat kangkung, 1 buah tahu, 1/2 blok tempe, 2 siung bawang putih, 2 siung bawang merah, dan sedikit garam.
Cara membuatnya yaitu dengan menumis bawang putih dan bawang merah terlebih dahulu hingga harum. Kemudian masukkan tahu dan tempe yang telah dipotong dadu kecil-kecil. Setelah itu masukkan kangkung dan tambahkan sedikit garam. Tumis sebentar hingga semua bahan tercampur rata. Sajikan dengan nasi merah.
Nutrisi yang didapat dari tumis kangkung tahu tempe adalah 180 kalori, 15 gram protein, 10 gram lemak, dan 8 gram karbohidrat.


2. Sayur Asem Ikan Patin



Sayur asem ikan patin merupakan salah satu makanan yang memiliki rasa segar dan cocok untuk diet karbo. Bahan-bahan yang diperlukan adalah 1 ekor ikan patin, 1 buah jagung manis, 2 buah tomat, 1 buah labu siam, 100 gram kacang panjang, 2 lembar daun salam, 2 buah cabai merah, 2 buah cabai hijau, dan garam secukupnya.
Cara membuatnya yaitu dengan merebus air terlebih dahulu hingga mendidih. Kemudian masukkan ikan patin yang telah dibersihkan dan dipotong-potong ke dalam air mendidih. Setelah itu masukkan semua bahan lainnya dan aduk hingga merata. Tambahkan garam secukupnya. Setelah semua bahan matang, sayur asem ikan patin siap disajikan.
Nutrisi yang didapatkan dari sayur asem ikan patin adalah 160 kalori, 20 gram protein, 5 gram lemak, dan 10 gram karbohidrat.


3. Tahu Goreng Telur Puyuh



Tahu goreng telur puyuh merupakan salah satu makanan yang cocok untuk diet karbo. Bahan-bahan yang diperlukan adalah 1 kotak tahu putih, 6 butir telur puyuh, 1 batang daun bawang, 1 siung bawang putih, 1/2 sendok teh garam, dan 1/4 sendok teh merica.
Cara membuatnya yaitu dengan menumis bawang putih hingga harum. Kemudian masukkan tahu yang telah dipotong kecil-kecil dan aduk hingga tahu berubah warna. Setelah itu masukkan telur puyuh yang telah dikocok terlebih dahulu ke dalam wajan yang sama. Aduk hingga semua bahan tercampur rata. Tambahkan garam dan merica secukupnya. Terakhir masukkan daun bawang yang telah dipotong kecil-kecil. Tahu goreng telur puyuh siap disajikan.
Nutrisi yang didapatkan dari tahu goreng telur puyuh adalah 200 kalori, 15 gram protein, 10 gram lemak, dan 5 gram karbohidrat.


4. Sup Ayam Wortel



Sup ayam wortel merupakan salah satu makanan yang cocok untuk diet karbo karena kandungan gizinya yang baik untuk tubuh. Bahan-bahan yang diperlukan adalah 1/2 ekor ayam, 2 buah wortel, 1 batang daun bawang, 2 siung bawang putih, 1 liter air, dan garam secukupnya.
Cara membuatnya yaitu dengan merebus air terlebih dahulu hingga mendidih. Kemudian masukkan ayam yang telah dipotong kecil-kecil ke dalam air mendidih. Setelah itu masukkan wortel yang telah dipotong kecil-kecil dan daun bawang yang telah dipotong-potong. Tambahkan garam secukupnya. Biarkan semua bahan matang dan sup ayam wortel siap disajikan.
Nutrisi yang didapatkan dari sup ayam wortel adalah 120 kalori, 10 gram protein, 5 gram lemak, dan 8 gram karbohidrat.


5. Pepes Ikan Mas



Pepes ikan mas merupakan salah satu makanan yang cocok untuk diet karbo karena kandungan gizinya yang baik untuk tubuh. Bahan-bahan yang diperlukan adalah 1 ekor ikan mas, 3 lembar daun salam, 2 lembar daun jeruk, 2 batang serai, 3 buah cabai merah, 3 buah cabai hijau, 2 siung bawang putih, 2 siung bawang merah, dan garam secukupnya.
Cara membuatnya yaitu dengan mencampur semua bahan kecuali ikan mas ke dalam blender. Setelah itu olesi ikan mas dengan bumbu yang telah dihaluskan tadi. Bungkus ikan mas dengan daun pisang dan panggang di atas api atau oven selama kurang lebih 30 menit. Pepes ikan mas siap disajikan.
Nutrisi yang didapatkan dari pepes ikan mas adalah 150 kalori, 15 gram protein, 8 gram lemak, dan 5 gram karbohidrat.


6. Salad Buah



Salad buah menjadi salah satu makanan yang cocok untuk diet karbo karena kandungan gizinya yang baik untuk tubuh. Bahan-bahan yang diperlukan adalah 1 buah apel, 1 buah jeruk, 1 buah kiwi, 1 buah pir, 1/2 buah nanas, dan susu kental manis secukupnya.
Cara membuatnya yaitu dengan memotong semua buah menjadi kecil-kecil lalu dicampurkan. Tambahkan susu kental manis secukupnya sebagai saus salad buah. Salad buah siap disajikan.
Nutrisi yang didapatkan dari salad buah adalah 100 kalori, 2 gram protein, 0 gram lemak, dan 25 gram karbohidrat.


7. Nasi Goreng Sayur



Nasi goreng sayur merupakan salah satu makanan yang cocok untuk diet karbo karena kandungan gizinya yang baik untuk tubuh. Bahan-bahan yang diperlukan adalah 2 piring nasi, 1/2 buah wortel, 1/2 buah kembang kol, 1 batang daun bawang, 2 siung bawang putih, 2 siung bawang merah, 1 butir telur, 1/2 sendok teh garam, dan 1/4 sendok teh merica.
Cara membuatnya yaitu dengan menumis bawang putih dan bawang merah hingga harum. Kemudian masukkan telur dan aduk hingga matang. Setelah itu masukkan semua sayuran yang telah dipotong kecil-kecil dan aduk hingga merata. Setelah itu masukkan nasi dan aduk hingga semua bahan tercampur rata. Tambahkan garam dan merica secukupnya. Nasi goreng sayur siap disajikan.
Nutrisi yang didapatkan dari nasi goreng sayur adalah 250 kalori, 10 gram protein, 5 gram lemak, dan 30 gram karbohidrat.


8. Tumis Jamur Tahu



Tumis jamur tahu menjadi salah satu makanan yang cocok untuk diet karbo karena kandungan gizinya yang baik untuk tubuh. Bahan-bahan yang diperlukan adalah 1/2 porsi jamur tiram, 1 kotak tahu putih, 2 siung bawang putih, 2 siung bawang merah, 1/2 sendok teh garam, dan 1/4 sendok teh merica.
Cara membuatnya yaitu dengan menumis bawang putih dan bawang merah hingga harum. Kemudian masukkan tahu yang telah dipotong kecil-kecil dan aduk hingga tahu berubah warna. Setelah itu masukkan jamur tiram yang telah dipotong kecil-kecil. Tambahkan garam dan merica secukupnya. Tumis sebentar hingga semua bahan tercampur rata. Tumis jamur tahu siap disajikan.
Nutrisi yang didapatkan dari tumis jamur tahu adalah 130 kalori, 8 gram protein, 5 gram lemak, dan 10 gram karbohidrat.


9. Sup Jagung Ayam



Sup jagung ayam menjadi salah satu makanan yang cocok untuk diet karbo karena kandungan gizinya yang baik untuk tubuh. Bahan-bahan yang diperlukan adalah 1 ekor ayam, 2 buah jagung manis, 1 batang daun bawang, 2 siung bawang putih, 1 liter air, dan garam secukupnya.
Cara membuatnya yaitu dengan merebus air terlebih dahulu hingga mendidih. Kemudian masukkan ayam yang telah dipotong kecil-kecil ke dalam air mendidih. Setelah itu masukkan jagung manis yang telah dipotong kecil-kecil dan daun bawang yang telah dipotong-potong. Tambahkan garam secukupnya. Biarkan semua bahan matang dan sup jagung ayam siap disajikan.
Nutrisi yang didapatkan dari sup jagung ayam adalah 120 kalori, 10 gram protein, 5 gram lemak, dan 8 gram karbohidrat.


10. Sate Tahu



Sate tahu menjadi salah satu makanan yang cocok untuk diet karbo karena kandungan gizinya yang baik untuk tubuh. Bahan-bahan yang diperlukan adalah 1 kotak tahu putih, 1/2 sendok teh garam, 1/4 sendok teh merica, dan tusuk sate.
Cara membuatnya yaitu dengan memotong tahu menjadi dadu kecil-kecil lalu ditusukkan ke tusuk sate. Tambahkan garam dan merica secukupnya. Panggang sate tahu di atas api atau oven selama kurang lebih 10 menit. Sate tahu siap disajikan.
Nutrisi yang didapatkan dari sate tahu adalah 100 kalori, 8 gram protein, 5 gram lemak, dan 5 gram karbohidrat.

close